Pers dan Fungsi Kontrol Penegakan Hukum

Pers itu penting! Pernyataan yang tidak dapat disangkal kebenarannya bagi suatu negara demokrasi. Dalam mengawal jalannya roda pemerintahan untuk menunjang kehidupan berbangsa dan bernegara yang berkarakter tentulah dibutuhkan peran fungsi pengawasan dan fungsi kontrol.

 Kehadiran Pers sebagai media informasi publik kian hari semakin dirasakan fungsi dan manfaatnya. Setiap orang ingin mendapatkan informasi yang luas dan itu tidak dapat terpenuhi tanpa kehadiran media, baik cetak maupun elektronik. Berdasarkan fungsi dan kemanfaatannya tersebut, Pers harus mampu menjalankan peran pengawasan dan fungsi kontrol jalannya roda pemerintahan yang bersih dari praktik “KKN” demi terwujudnya kesejahteraan rakyat secara berkeadilan.

 Dalam menjalankan fungsi kontrol penegakan hukum, pers harus kreatif dalam berinovasi untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat tentang hukum dan penegakan hukum demi kemajuan bangsa. Sebab kesadaran hukum suatu bangsa juga harus dimulai dari rakyat terkecil bangsa itu sendiri.

 Namun demikian, poin terpenting dari fungsi kontrol pers dalam penegakan hukum tidak lain adalah keberanian dari ‘aktor’ pers untuk turut serta ‘membantu’ membongkar pelanggaran-pelanggaran hukum oleh aparat negara dengan tetap memperhatikan etika serta kepatutan kode etik pers.

 Dengan ‘kekebalan’ yang melekat pada tubuh pers dalam mencari, menyusun, dan menyebarkan informasi maka tak ada alasan bagi pers untuk tak mampu menjalankan fungsi pengawasan dan fungsi kontrolnya semaksimal mungkin.

 Semakin berani pers mengawal dan mengontrol penegakan hukum di Indonesia, semakin terbuka pula sambutan masyarakat untuk menerima, membantu, menghormati, dan mempercayai hak, tugas, dan tanggung jawab pers.

 Pers telah menikmati satu dasawarsa kebebasan pers dalam ‘menjelajahi’ segenap aspek kehidupan bangsa dan negara serta rakyat Indonesia itu sendiri. Kini saatnya bagi Pers untuk memikirkan dan merenungkan sumbangsih dan komitmen apa selanjutnya yang akan diberikan demi tegaknya penegakan hukum di negara kita tercinta, Indonesia!

Pos ini dipublikasikan di Bahan Kuliah, Opini dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s