Meminta hingga Mengejar Jabatan

“Janganlah memaksakan diri mengejar jabatan karena jabatan itu akan mengalir dengan sendirinya dan janganlah mencari jabatan melalui lobi-lobi karena lobi-lobi itu menang di awal kalah di akhir.” (Hendardji Soepandji dalam buku Membangun Karakter Pemimpin Militer)

“Dari Abu Musa berkata: Saya dan dua orang anak pamanku menemui Nabi Saw, salah seorang dari keduanya lalu berkata: Wahai Rasulullah, angkatlah kami sebagai pemimpin atas sebagian wilayah yang telah diberikan Allah Azza Wa Jalla kepadamu. Dan seorang lagi mengucapkan perkataan serupa, maka Beliau bersabda: Demi Allah, sesungguhnya kami tidak akan memberikan jabatan bagi orang yang meminta dan yang rakus terhadapnya.” (HR. Muslim)

Meminta jabatan akan dibiarkan, Diminta memikul jabatan akan ditolong.

Rasullullah bersabda kepada Abdurrahman bin Samurah Radhiyallahu’anhu: ”Wahai Abdul Rahman bin Samurah! Janganlah kamu meminta suatu jabatan pemimpin. Sesungguhnya jika jabatan kepemimpinan diberikan kepada kamu karena permintaan, maka kamu akan memikul tanggung jawab itu sendirian, dan jika jabatan kepemimpinan itu diberikan kepada kamu bukan karena permintaan, maka kamu akan ditolong untuk menanggungnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“…jabatan merupakan amanah. Pada hari kiamat ia akan datang dalam bentuk kehinaan dan penyesalan, kecuali bagi mereka yang mengambilnya dengan benar dan melaksanakannya dengan benar.” (HR. Muslim)

Kutipan | Pos ini dipublikasikan di Quotes dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s