Lagi, Jelang Ramadhan, Mari Kita Bersiap (4-Habis)

Sudah siapkah Anda menjalani bulan Ramadhan ? Mari persiapkan diri.

Setidaknya ada empat hal yang kita pelajari dari Rasulullah Saw dan para sahabatnya yang mulia dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Aspek pertama, kedua, dan ketiga sudah kita uraikan di bagian sebelumnya.

Hal yang keempat, kita pelajari dari para sahabat Rasulullah Saw adalah membawa suasana semarak #JelangRamadhan ini dan saat Ramadhan itu sendiri nantinya menular ke lingkungan sekitar kita. Rasulullah Saw dan para sahabat tidak menganjurkan kita untuk menikmati Ramadhan sendirian. Sebaliknya kita dianjurkan untuk membuat semua orang tahu & gembira dengan datangnya Ramadhan. Lalu berbahagialah bersama mereka semua menjalani masa-masa Ramadhan. Sabda Rasulullah Saw: “Barang siapa gembira menyambut Ramadhan, Allah akan menggembirakannya di akhirat kelak”.

Mari persiapkan diri kita dalam mengisi masa #JelangRamadhan ini. Saling mengingatkan & saling memotivasi.  Sadarkan diri dan sekeliling kita agar tahu : “Ramadhan akan tiba lho!

Mulailah sisipkan topik Ramadhan di sela perbincangan kita dengan tetangga, dengan teman pelajar atau mahasiswa, dengan rekan kerja kantor, dan terutama dengan keluarga kita sendiri. Jangan biarkan lingkungan kita sadar tentang datangnya Ramadhan saat esok malam sudah akan tarwih: “Eh, sudah puasa ya?” < TERLALU! *Gaya bang haji Rhoma.

Di masa jejaring sosial media yang telah mendunia ini, mulailah arahkan obrolan ke topik seputar Ramadhan. Bolehlah update status kegalauan, asal positif tentang Ramadhan. *Emang ada? 😀

Contoh: “Sedih awal #Ramadhan tidak bersama keluarga khususnya orang tua. Ingin sekali mencium kedua tangan mereka. Semoga mereka diberi kesehatan untuk menjalani bulan Ramadhan dengan baik. Amin.” *curhatan penulis :’)

Akhirnya, mari kita siapkan diri dengan baik. Mudah-mudahan Ramadhan kita tahun ini penuh manfaat dan keberkahan. Saya yakin kita semua ingin Ramadhan tahun ini jauh lebih baik dari Ramadhan sebelumnya. Saya pribadi ingin Ramadhan tahun ini menjadi bulan untuk meraih kemenangan.

Sebelum semua itu tidak ada salahnya kita memperbanyak doa agar disampaikan umur kita berjumpa dengan bulan Ramadhan tahun ini.  “Ya Allah panjangkan umur kami berjumpa dengan Ramadhan Mu tahun ini. Sungguh-sungguh ya Allah doanya ini. Tidak bercanda.”

Perbanyak doa seperti doa yang diajarkan Rasulullah Saw: “Allahumma baariklanaa fii rajab wa sya’baan, wa balighnaa Ramadhaan” (Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta sampaikanlah kami di bulan Ramadhan).

“Duhai Ramadhan, i’m falling in love with you. I want to pay my fault telah mencampakkanmu in the past” (jangan ada yang protes susunan katanya!). Ramadhan yang dimaksud di sini bukan nama orang. Jangan sampai ada maksud lain yang ditangkap. “Tolong pahami perasaan saya. (-_-).” < Bukan korban sinetron.

Jadi bagaimana persiapan #JelangRamadhan Anda? Sudah ada targetan #Ramadhan nanti? Selamat merancang. Good luck untuk kita semua :3

 Gambar

Warming Up To Ramadhan

Terimakasih telah menghabiskan waktu membaca catatan ini. Mohon maaf jika banyak kekurangan. (Selesai)

@SurahmanJie  https://twitter.com/SurahmanJie

(Kamis, 12 Juni 2014. Pukul 11.40 wita jelang Dhuhur)

Pos ini dipublikasikan di Opini dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s