Tentang Infaq-Sedekah (Tertutup vs Terbuka)

Aksi Bantuan Kemanusiaan Bagi Rakyat Gaza-Palestina Atas Serangan Militer Israel (Juli 2014)

Aksi Bantuan Kemanusiaan Bagi Rakyat Gaza-Palestina Atas Serangan Militer Israel (Juli 2014)

Antara infaq, sedekah, sumbangan, bantuan, apakah yang tertutup & terbuka, tersembunyi & terpublikasikan, Abu Bakar Shiddiq & Umar bin Khattab adalah dua sosok yang layak kita jadikan teladan.

Abu Bakar Shiddiq kala bersedekah selalu diam-diam dan berusaha sebisa mungkin tak diketahui orang lain. Beliau takut dinilai riya atau pamer. Abu Bakar Shiddiq berusaha menjaga niat hanya dirinya dan Tuhannya yang mengetahui. Tak ingin amalnya dinilai orang lain.

Umar bin Khattab kala bersedekah tak jarang mengumumkan ke khalayak. Dia memberitahukan amalnya itu ke orang banyak. Umar bin Khattab mengingatkan orang lain apakah sudah bersedekah atau belum. Beliau menyerukan ke orang lain untuk ikut bersedekah. Umar melakukan itu dengan maksud agar orang lain terdorong ikut bersedekah. Beliau bermaksud memotivasi yang lain agar berlomba bersedekah.

Para sahabat lain bingung dengan bentuk amalan sedekah kedua sahabat nabi tersebut. Para sahabat lalu bertanya kepada Rasulullah Saw. Yang manakah yang benar dan lebih baik?

Rasulullah Saw yang ditanya, membenarkan kedua bentuk amal sedekah sahabatnya tersebut, bentuk amal keduanya adalah baik, tidak ada yang salah.

Karena yang dinilai adalah niatnya. Masing-masing bentuk sedekah antara Abu Bakar Shiddiq dan Umar bin Khattab niatnya sama-sama baik dan benar.

Sedangkan nilai besaran dan bentuk sedekahnya akan mendapat ganjarannya masing-masing.

Nah, ingin bersedekah tersembunyi ala Abu Bakar Shiddiq? Atau terbuka ala Umar bin Khattab? Silahkan dipilih. Keduanya benar selama niatnya baik dan benar.

Semoga Allah melapangkan rezeki dan keadaan kita. Allah mudahkan kita untuk bersedekah. Aamiin.

———————————————————————————————————-

Ini catatan edisi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2014-2019. Para pasangan calon dan tim sukses berlomba menunjukkan kepedulian sosial bagi rakyat dalam negeri. Hingga bantuan kemanusiaan internasional ke rakyat Gaza, Palestina. Auranya sih bantuan politis. Tapi itu ‘kan urusan niat. Niat tidak bisa diukur dengan alat ukur lembaga survey. Hanya Tuhan yang bisa menilai. Over all, terimakasih atas kepedulian para calon dan tim sukses. Semoga kita semua jadi manusia sukses dunia akhirat.

Salam hormatūüėÄ

@SurahmanJie

Pos ini dipublikasikan di Opini dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s