Tempat yang Nyaman

Assalamu’alaikuum…Setiap orang memiliki tempat-tempat tertentu untuk mencari ketenangan, melepas penat atau untuk menemukan inspirasi. Tempatnya macam-macam. Bisa ke tempat wisata alam yang terpencil, bisa ke mall yang ramai, bisa rumah ibadah yang khusyuk, ada pula diskotik yang ajib-ajib. Macam-macam dan kadang aneh-aneh.

Bagi Muslim, sebaik-baik tempat adalah mesjid. Penuh ketenangan, penuh kedamaian. Di tempat ini semua manusia setara. Tempat ini sumber ilmu, inspirasi dan cahaya peradaban kehidupan yang indah. Karena Islam mengajarkan begitu.

Tentu kita ingin, keindahan-keindahan ajaran ini tidak hanya bisa dirasakan di dalam mesjid, namun ia menyebar dalam kehidupan bermasyarakat kita. Ini adalah proyek peradaban manusia.

Sebagai seorang Muslim, penganut ajaran Islam, saya meyakini bahwa kita mengemban peranan penting dalam proyek ini. Muslim adalah duta Islam. Sebagai duta, Muslim harus bisa menunjukkan nilai-nilai keindahan (kebaikan) dari ajaran Islam, hingga orang-orang pada umumnya merasakan keindahan dan kecintaan serta kebutuhan pada kebaikan ajaran ini, sekalipun mereka tidak menganutnya, karena Islam tidak menetapkan paksaan bagi manusia untuk menganutnya, namun jika mereka menganutnya, maka itu baik bagi mereka.

Hari ini, di tengah kondisi kehidupan masa kini, peranan ini berat, namun perlu kita niatkan, kita sanggupkan untuk diusahakan, hasilnya biar Allah yang tunjukkan dengan ketetapan-ketetapanNya.

Dear Muslims, apapun profesi dan aktivitas kita, mari berperan dalam proyek peradaban mulia ini. Karena setiap kita adalah duta. Sebelum berprofesi apapun, kita adalah duta. Setelah berprofesi apapun, kita adalah duta. Duta dari ajaran yang kita yakini mulia: Islam.

(Jakarta City)

Pos ini dipublikasikan di Opini. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s